Nasi Campur Bali Satria, Joss Gandoss

Nasi Campur Bali Satria, Joss Gandoss Pada hari ke-3 di Bali, seharian kami pergi ke Ubud, melihat kerajinan perak di Celuk dan belanja baju-baju Bali di Pasar Sukowati. Malamnya, kami ngidam makan Nasi Campur Bali. It's a must hehe... Akhirnya teman kami, mbak Purnie, mengajak kami untuk mencoba Warung Satria.

Setelah perjalanan sekitar 30 menit dari Sukowati, sampai juga kami di Jalan Kedondong, Denpasar. Warung Satria namanya, meskipun tempatnya tidak terlalu besar, tapi tempat ini lumayan legendaris. Pemiliknya bernama Ibu Ni Ketut Kerti. Awalnya rumah makan ini berada di Jalan Veteran, tapi kemudan pada tahun 1975 tergusur karena dijadikan jalan protokol. Barulah Warung Satria ini pindah ke Jalan Kedondong.

Menu-menunya disajikan berjajar di sebuah meja, kita tinggal memilih mau dengan lauk apa saja, atau bisa juga pesan Nasi Campur Komplit. Nasinya pun bisa diganti dengan Ketupat. Menu nasi campurnya antara lain sate lilit, sayur plecing, sayur kelapa, sate tusuk ayam, ayam goreng bumbu bali, ayam suir-suir, ayam sambal mentah, dan masih banyak lainnya.

Aduhh... benar-benar menggoda iman lauknya. Kali ini saya memilih makan ketupat dengan lauk sate lilit, sate ayam tusuk, ayam suir-suir, ayam sambal mentah dan sayur plecing kacang panjang. Nah yang uniknya disini nasi campurnya disajikan dengan kuah sayur nangka yang hangat. Mari kita coba rasanya.

Kuahnya saya campur ke ketupatnya, dicampur dengan sambalnya, jadi lebih mantap. Rasa ayam suitnya enak banget, sate lilit dan sate ayamnya pun sangat enak. Apalagi rasa ayam sambal mentahnya, joss gandoss hehe... Enak banget lho nasi campur Satria, rugi kalau ke Bali tidak mencobanya.

Menu : Nasi Campur Ketupat Ayam Campur Nasi Sate Campur Sayur Ares Sayur Plecing Kacang Panjang Sayur Kelapa (Benyuh) Sayur Nangka Sate Lilit Sate Tusuk Ayam Ayam Goreng Bumbu Bali Ayam Panggang Ayam Betutu Ayam Sambal Mentah Ayam Suir-Suir Telur Bumbu Sambal Hati Goreng.

Sumber : travel.kompas.com